Skip to main content

Syarat/Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran


Arsyad (2013: 74) menjelaskan bahwa kriteria pemilihan media bersumber dari konsep bahwa media pembelajaran merupakan bagian dari sistem instruksional secara keseluruhan. Maka beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran yang baik adalah sebagai berikut:
1.       Sesuai Dengan Tujuan
Media pembelajaran harus dipilih berdasarkan tujuan instruksional dimana akan lebih baik jika mengacu setidaknya dua dari tiga ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini bertujuan agar media pembelajaran sesuai dengan arahan dan tidak melenceng dari tujuan. Media pembelajaran juga bukan hanya mampu mempengaruhi aspek intelegensi siswa, namun juga aspek lain yaitu sikap dan perbuatan.
2.       Tepat Mendukung Materi yang Bersifat Fakta, Konsep, Prinsip, dan Generalisasi.
Tidak semua materi dapat disajikan secara gamblang melalui media pembelajaran, terkadang harus disajikan dalam konsep atau simbol atau sesuatu yang lebih umum baru kemudian disertakan penjelasan. Ini memerlukan proses dan keterampilan khusus dari siswa untuk memahami hingga menganalisis materi yang disajikan. Media pembelajaran yang dipilih hendaknya mampu diselaraskan menurut kemampuan dan kebutuhan siswa dalam mendalami isi materi.
3.       Praktis, Luwes, dan Bertahan
Media pembelajaran yang dipilih tidak harus mahal dan selalu berbasis teknologi. Pemanfaatan lingkungan dan sesuatu yang sederhana namun secara tepat guna akan lebih efektif dibandingkan media pembelajaran yang mahal dan rumit. Simpel dan mudah dalam penggunaan, harga terjangkau dan dapat bertahan lama serta dapat digunakan secara terus menerus patut menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih media pembelajaran.
4.       Mampu dan Terampil Menggunakan
Apapun media yang dipilih. guru harus mampu menggunakan media tersebut. Nilai dan manfaat media pembelajaran sangat ditentukan oleh bagaimana keterampilan guru menggunakan media pembelajaran tersebut. Keterampilan penggunaan media pembelajaran ini juga nantinya dapat diturunkan kepada siswa sehingga siswa juga mampu terampil menggunakan media pembelajaran yang dipilih.
5.       Pengelompokan Sasaran
Siswa terdiri dari banyak kelompok belajar yang heterogen. Antara kelompok satu dengan yang lain tentu tidak akan sama. Untuk itu pemilihan media pembelajaran tidak dapat disama ratakan, memang untuk media pembelajaran tertentu yang bersifat universal masih dapat digunakan, namun untuk yang lebih khusus masing-masing kelompok belajar harus dipertimbangkan pemilihan media pembelajaran untuk masing-masing kelompok.
6.       Mutu Teknis
Pemilihan media yang akan digunakan harum memenuhi persyaratan teknis tertentu. Guru tidak bisa asal begitu saja menentukan media pembelajaran meskipun sudah memenuhi kriteria sebelumnya. Tiap produk yang dijadikan media pembelajaran tentu memiliki standar tertentu agar produk tersebut laik digunakan, jika produk tersebut belum memiliki standar khusus guru harus mampu menentukan standar untuk produk tersebut agar dapat digunakan untuk media pembelajaran.
Pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran yang memperhatikan kriteria-kriteria tersebut akan menghasilkan atau menemukan media pembelajaran yang berkualitas dan sesuai atau tepat digunakan untuk masing-masing materi pembelajaran. Media pembelajaran yang dipilih juga mampu dengan mudah membantu guru menyampaikan materi kepada siswa, siswa juga dapat lebih mudah menerima dan memahami materi pembelajaran dengan bantuan media pembelajaran yang sudah dipilih berdasarkan kriteria diatas.
Dalam menggunakan media pembelajran guru tidak serta merta menggunakannya. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan menggunakan media pembelajaran. Secara ringkas cara memilih media pembelajaran dapat dilihat berikut ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Soeparno (1987:10), yakni:
1.       Hendaknya mengetahui karakteristik setiap media.
2.       Hendaknya memilih media yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
3.       Hendaknya memilih media yang sesuai dengan metode yang kita pergunakan.
4.     Hendaknya memilih media yang sesuai dengan materi yang sesuai dengan yang akan dikomunikasikan.
5.  Hendaknya memilih media yang sesuai dengan keadaan siswa, jumlah, usia maupun tingkat pendidikannya.
6.   Hendaknya memilih media yang sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat media dipergunakan.
7.   Janganlah memilih media dengan alasan dengan alasan bahan tersebut satu-satunya yang kita miliki.


Comments

Popular posts from this blog

Jenis Media Pembelajaran Abad 21

Berikut ini beberapa media pembelajaran interaktif abad 21 yang bisa dijadikan alternative pilihan guru dan mudah digunakan yang relevan  dengan kondisi saat ini, yaitu: 1.         Kahoot Aplikasi ini bisa digunakan oleh guru untuk melakukan evaluasi dikelas kepada peserta didik. 2.         Quiz Aplikasi ini memiliki keunggulan dalam tampilan dan kemudahan. Selain itu, quiz juga memberikan beberapa alternative pilihan sedikit berbeda, diantaranya adalah bentuk soal yang bisa mencakup kompetensi rubik c4 sebagai analisa kepada peserta didik. 3.         Interaktif Powerpoint Tips terpenting dalam pembuatan powerpoint adalah jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata dalam slide dan perbanyak animasi didalamnya tanpa mengurangi esensi dari media untuk membantu menyampaikan pesan pembelajaran untuk peserta didik.

APLIKASI PENGENALAN KARAKTER PADA ANDROID

MAKALAH KECERDASAN BUATAN   APLIKASI PENGENALAN KARAKTER PADA ANDROID           DOSEN PENGAMPUH : Dr. Hendra Jaya, S.Pd., M.T.   OLEH : SABILA 1725041014         PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSIATAS NEGERI MAKASSAR 2020       BAB I PENDAHULUAN   A.     Latar Belakang OCR atau Optical Character Recognition termasuk pada pengenalan pola dimana sebuah system pengenal pola akan membaca/mengenali apakah citra masukan yang diterima cocok dengan salah satu citra yang telah ditentukan. Pengenalan pola banyak diaplikasikan untuk mendeteksi sidik jari, tulisan, tanda tangan, bahkan wajah seseorang.   B.      Rumusan Masalah 1.       Apa itu pengenal karakter? 2.       Apa saja contoh aplikasi pengenalan karakter? 3.     ...