Skip to main content

Manfaat Media Pembelajaran


Secara umum media pendidikan mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut:
1.       Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).
2.       Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti misalnya:
a.     Objek yang terlalu besar, bisa digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, atau model;
b.  Objek yang kecil-dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film, atau gambar;
c.        Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan timelapse atau high-speedphotography;
d.     Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, film bingkai, foto maupun secara verbal;
e.      Objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain, dan
f.      Konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim, dan lain-lain) dapat di visualkan dalam bentuk film, film bingkai, gambar, dan lain-lain.
3.       Penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media pendidikan berguna untuk:
a.        Menimbulkan kegairahan belajar;
b.  Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan;
c.     Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
4.    Dengan sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda,, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri. Hal ini akan lebih  sulit bila latar belakan lingkungan guru dengan siswa juga berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan, yaitu dengan kemampuannya dalam:
a.        Memberikan perangsang yang sama;
b.        Mempersamakan pengalaman;
c.        Menimbulkan persepsi yang sama.
Manfaat secara umum penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu:
1.       Media dapat menarik perhatian anak didik sehingga anak didik menyukai materi pengejaran.
2.  Media pengajaran dapat mengatasi perbedaan pengalaman belajar anak didik berdasarkan latar belakang sosial ekonomi.
3.  Media pembelajaran dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih mudah.
4.  Media pembelajaran memberikan kesan yang nyata, misalnya bahan ajar yang tidak dapat dibawa secara langsung dalam proses belajar mengajar, maka digunakan media pembelajaran agar merpermudah berjalannya belajar mengajar.
5.  Media pembelajaran menumbuhkan kemampuan didik untuk belajar secara mandiri berdasarkan materi yang digunakan menggunakan media pembelajaran.
6. Media pengajaran dapat mengurangi adanya perkatan-perkataan maupun ucapan-ucapan dalam suatu proses pemberian materi.



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jenis Media Pembelajaran Abad 21

Berikut ini beberapa media pembelajaran interaktif abad 21 yang bisa dijadikan alternative pilihan guru dan mudah digunakan yang relevan  dengan kondisi saat ini, yaitu: 1.         Kahoot Aplikasi ini bisa digunakan oleh guru untuk melakukan evaluasi dikelas kepada peserta didik. 2.         Quiz Aplikasi ini memiliki keunggulan dalam tampilan dan kemudahan. Selain itu, quiz juga memberikan beberapa alternative pilihan sedikit berbeda, diantaranya adalah bentuk soal yang bisa mencakup kompetensi rubik c4 sebagai analisa kepada peserta didik. 3.         Interaktif Powerpoint Tips terpenting dalam pembuatan powerpoint adalah jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata dalam slide dan perbanyak animasi didalamnya tanpa mengurangi esensi dari media untuk membantu menyampaikan pesan pembelajaran untuk peserta didik.

Syarat/Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Arsyad (2013: 74) menjelaskan bahwa kriteria pemilihan media bersumber dari konsep bahwa media pembelajaran merupakan bagian dari sistem instruksional secara keseluruhan. Maka beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran yang baik adalah sebagai berikut: 1.         Sesuai Dengan Tujuan Media pembelajaran harus dipilih berdasarkan tujuan instruksional dimana akan lebih baik jika mengacu setidaknya dua dari tiga ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini bertujuan agar media pembelajaran sesuai dengan arahan dan tidak melenceng dari tujuan. Media pembelajaran juga bukan hanya mampu mempengaruhi aspek intelegensi siswa, namun juga aspek lain yaitu sikap dan perbuatan. 2.         Tepat Mendukung Materi yang Bersifat Fakta, Konsep, Prinsip, dan Generalisasi. Tidak semua materi dapat disajikan secara gamblang melalui media pembelajaran, terkadang harus disajikan dalam konsep ...

APLIKASI PENGENALAN KARAKTER PADA ANDROID

MAKALAH KECERDASAN BUATAN   APLIKASI PENGENALAN KARAKTER PADA ANDROID           DOSEN PENGAMPUH : Dr. Hendra Jaya, S.Pd., M.T.   OLEH : SABILA 1725041014         PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSIATAS NEGERI MAKASSAR 2020       BAB I PENDAHULUAN   A.     Latar Belakang OCR atau Optical Character Recognition termasuk pada pengenalan pola dimana sebuah system pengenal pola akan membaca/mengenali apakah citra masukan yang diterima cocok dengan salah satu citra yang telah ditentukan. Pengenalan pola banyak diaplikasikan untuk mendeteksi sidik jari, tulisan, tanda tangan, bahkan wajah seseorang.   B.      Rumusan Masalah 1.       Apa itu pengenal karakter? 2.       Apa saja contoh aplikasi pengenalan karakter? 3.     ...