Secara umum media pendidikan mempunyai
kegunaan-kegunaan sebagai berikut:
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu
bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera,
seperti misalnya:
a. Objek yang terlalu besar, bisa digantikan dengan
realita, gambar, film bingkai, film, atau model;
b. Objek yang kecil-dibantu dengan proyektor mikro, film
bingkai, film, atau gambar;
c. Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat
dibantu dengan timelapse atau high-speedphotography;
d. Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa
ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, film bingkai, foto maupun secara
verbal;
e. Objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin)
dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain, dan
f. Konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi,
iklim, dan lain-lain) dapat di visualkan dalam bentuk film, film bingkai,
gambar, dan lain-lain.
3. Penggunaan media pendidikan secara tepat dan
bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media
pendidikan berguna untuk:
a. Menimbulkan kegairahan belajar;
b. Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak
didik dengan lingkungan dan kenyataan;
c. Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri
menurut kemampuan dan minatnya.
4. Dengan sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi
dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda,, sedangkan kurikulum dan materi
pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru banyak mengalami
kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri. Hal ini akan
lebih sulit bila latar belakan lingkungan guru dengan siswa juga
berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan, yaitu dengan
kemampuannya dalam:
a. Memberikan perangsang yang sama;
b. Mempersamakan pengalaman;
c. Menimbulkan persepsi yang sama.
Manfaat
secara umum penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu:
1. Media dapat menarik perhatian anak didik sehingga anak
didik menyukai materi pengejaran.
2. Media pengajaran dapat mengatasi perbedaan pengalaman
belajar anak didik berdasarkan latar belakang sosial ekonomi.
3. Media pembelajaran dapat memberikan pengalaman
pembelajaran yang lebih mudah.
4. Media pembelajaran memberikan kesan yang nyata,
misalnya bahan ajar yang tidak dapat dibawa secara langsung dalam proses
belajar mengajar, maka digunakan media pembelajaran agar merpermudah
berjalannya belajar mengajar.
5. Media pembelajaran menumbuhkan kemampuan didik untuk
belajar secara mandiri berdasarkan materi yang digunakan menggunakan media
pembelajaran.
6. Media pengajaran dapat mengurangi adanya
perkatan-perkataan maupun ucapan-ucapan dalam suatu proses pemberian materi.
👍🏻👍🏻👍🏻
ReplyDelete